Skip to main content

Mulai Melangkah - Cara Sederhana Memulai Bisnis Apapun

Banyak anak muda yang ingin memulai bisnis online maupun offline, tapi tidak tahu caranya! Oleh sebab itu, mereka tidak melangkah dan berhenti begitu saja. Anehnya, Eric melihat banyak tukang bakso, tukang jual ice cream atau lulusan SD yang sekarang menjadi millionaire!

Apakah benar kurangnya pengetahuan yang menjadi penghambat kita untuk melangkah? Ataukah KETAKUTAN yang menghentikan langkah kita? Eric melihat sebenarnya banyak sekali orang yang berpengetahuan yang langkahnya terhenti oleh sebab ketakutan. Lalu, kenapa orang bisa takut melangkah?

Lebih nyaman tinggal di zona aman

Orang yang sudah tinggal di zona aman akan berkata "Ya sudah begini begini saja". Zona aman membuat kita hanya melakukan rutinitas sehari-sehari dan membuat kita tidak mengambil tindakan-tindakan baru yang lebih berbobot. Zona aman menghentikan ambisi kita untuk naik ke level yang lebih tinggi. Zona aman membuat cara pikir, sikap dan perilaku kita tidak berkembang. Zona aman membuat kita tidak mau diproses dan diuji seperti emas dalam api. Zona aman membuat kita tidak mau berubah.

Bagaimana cara keluar dari zona aman?

1. Komunitas

Kita membutuhkan komunitas untuk bertumbuh dalam bisnis. Kita tidak bisa melakukan semuanya sendiri. Mulai perluas komunitas kita dengan orang-orang yang sudah melalui apa yang hendak kita lalui. Mulai perluas komunitas kita dengan orang-orang yang level karirnya jauh diatas kita. Memang bukanlah hal yang nyaman untuk bertemu dengan orang yang level karirnya sangat tinggi diatas kita seperti direktur atau ceo suatu perusahaan, namun ini baik untuk membuat kita keluar dari zona aman.

2. Belajar dari mentor

Mulai cari dan temukan seseorang yang dapat menjadi mentor bisnis Anda. Menurut Eric, mentor sangatlah penting dalam kehidupan bisnis kita. Mentor bukan hanya mengarahkan kita apa yang harus kita lakukan, namun mentor juga menularkan kepada kita bagaimana cara mereka berpikir, bagaimana cara mereka mengambil keputusan, bagaimana cara mereka menghdapai permasalahan dalam bisnis.

Lalu bagaimana caranya jika kita tidak bisa bertemu dengan mentor kita face-to-face? Mulailah dengan membaca buku-buku bisnis yang ditulis mereka. Mulailah dengan mendengarkan video-video di youtube ketika mentor kita berbicara. Dengan demikian, kita dapat menemukan mentor baik yang ada dekat disekitar kita, maupun yang jauh di luar negeri.

3. Berubah!

Ya, ini adalah keputusan terpenting untuk keluar dari zona aman. Mulai ambil keputusan untuk mau berubah! Berubah dalam cara berpikir, perkataan dan tindakan kita. Perubahan ini bukan hanya satu kali, namun perubahan setiap hari selama kita hidup. 

Jika kita orang yang malas, mulailah berubah untuk menjadi orang yang rajin. Jika kita orang yang selalu menyalahkan kondisi, situasi atau orang lain, mulailah berubah menjadi orang yang bertanggung jawab. Jika kita orang yang tidak berani melangkah, mulailah berubah menjadi orang yang berani melangkah!

Sudah saatnya bagi kita anak-anak mudah mulai melangkah keluar dari zona aman dan melakukan tindakan-tindakan besar untuk Indonesia.

Jangan lupa untuk Share, Comment dan klik "Chat Now" untuk menyampaikan masukan Anda.

Comments

Popular posts from this blog

5 Rahasia Bisnis Online - Meningkatkan Omset Binis Melalui Email Marketing, Facebook dan Instagram

Memasuk Era Bisnis Online

Dunia ini sedang berkembang dan berubah dengan sangat pesat. Jika kita tidak mengikuti perubahan zaman, maka bisnis kitapun bisa ketinggalan. Dalam hal teknologi internet dan bisnis online, negara Indonesia terlambat 7 tahun dibandingkan dengan negara maju seperti Amerika. Oleh sebab itu, jika kita memulai bisnis online sekarang di Indonesia, kita masih dapat memimpin dan menguasai pasar online Indonesia.

Di zaman dahulu, orang-orang yang kaya adalah para pembinis yang mempunyai tanah, sawah, tambang dan sejenisnya. Lalu kita memasuk era pabrik, dimana orang-orang kaya adalah para pembisnis yang mempunyai pabrik-prabrik besar dengan menggunakan mesin yang canggih. Sekarang ini orang-orang kaya dunia adalah mereka yang berkecimpung dalam teknologi internet.

Mari kita pelajari ketiga orang berikut. Yang pertama adalah Jeff Bezos. Jeff Bezos adalah pendiri dari bisnis online Amazon.com. Amazon.com menjual berbagai jenis produk melalui online. Sistem bisnisnya h…

Rahasia Bisnis Online Meningkatkan Omset 3X Lipat Melalui Customer Service

Customer service merupakan senjata penting dalam bisnis online khususnya untuk meningkatkan omset penjualan. Sebagai ujung tombak bisnis online, customer service memegang peranan besar dalam menentukan:

 Apakah customer akan beli atau tidak. Berapa besar jumlah pesanan yang customer pesan. Apakah customer akan kembali pesan atau tidak di waktu mendatang.
Jika kita menguasai 3 area diatas dengan mahir, maka sangat mungkin bila omset penjualan bisa meningkat hingga 3x lipat bahkan lebih. Sebelum Eric berbicara lebih lanjut, mari kita sadari bahwa 80% seseorang mengambil keputusan untuk membeli atau tidak dipengaruhi oleh alam bawah sadar dan alam sadar hanya berperan 20%.

Just Do It ala Nike:

Banyak orang membeli sepatu Nike. Namun, apakah para pembeli sadar alasan mereka membeli sepatu tersebut? Kebanyakan orang bahkan tidak mengerti kelebihan dan fitur sepatu Nike atau Adidas, namun dalam alam bawah sadar mereka sudah tertanam pikiran bahwa sepati Nike atau Adidas adalah sepatu yang b…

2 Alasan Terbesar Bisnis Startup Berhenti Dan Tidak Berhasil

It's easy to start, it's hard to finish!

Banyak anak muda yang memiliki ide-ide bisnis yang luar biasa. Ketika Eric berkumpul dengan teman-teman, Eric sering mendengarkan bagaimana mereka bercerita tentang gagasan dan ide bisnis mereka. Respon Eric dalam hati "Wow! Ini adalah ide-ide bisnis yang luar biasa. Jika dijalankan pasti akan merevolutioner bangsa ini bahkan dunia." Eric juga membayangkan betapa banyak keuntungan yang didapat saat rencana bisnis mereka berhasil dijalankan.

Ketika bertemu dengan mereka lagi, Eric membayangkan untuk mendengar kabar baik dari kelanjutan bisnis mereka. Namun, jarang sekali Eric menemukan ide-ide dan gagasan tersebut masih berjalan, bahkan hampir 90% dari ide bisnis tersebut sama sekali tidak dijalankan! Heranya, mereka ini adalah orang-orang yang berpendidikan dan lulusan S1 di universitas ternama. Padahal jika dijalankan, pasti akan terjadi ledakan-ledakan bisnis yang dahsyat.

Lalu apa yang menyebabkan rencana bisnis mereka tida…