Skip to main content

2 Alasan Terbesar Bisnis Startup Berhenti Dan Tidak Berhasil


It's easy to start, it's hard to finish!

Banyak anak muda yang memiliki ide-ide bisnis yang luar biasa. Ketika Eric berkumpul dengan teman-teman, Eric sering mendengarkan bagaimana mereka bercerita tentang gagasan dan ide bisnis mereka. Respon Eric dalam hati "Wow! Ini adalah ide-ide bisnis yang luar biasa. Jika dijalankan pasti akan merevolutioner bangsa ini bahkan dunia." Eric juga membayangkan betapa banyak keuntungan yang didapat saat rencana bisnis mereka berhasil dijalankan.

Ketika bertemu dengan mereka lagi, Eric membayangkan untuk mendengar kabar baik dari kelanjutan bisnis mereka. Namun, jarang sekali Eric menemukan ide-ide dan gagasan tersebut masih berjalan, bahkan hampir 90% dari ide bisnis tersebut sama sekali tidak dijalankan! Heranya, mereka ini adalah orang-orang yang berpendidikan dan lulusan S1 di universitas ternama. Padahal jika dijalankan, pasti akan terjadi ledakan-ledakan bisnis yang dahsyat.

Lalu apa yang menyebabkan rencana bisnis mereka tidak dijalankan?

1. Mendengarkan Perkataan Negatif Dari Orang Lain

Perkataan negatif adalah racun dalam kehidupan kita. Sering kali kita mendengar perkataan negatif dari teman dan orang terdekat:
  • "Itu adalah ide bisnis yang tidak baik, susah untuk dijalankan"
  • "Sudah banyak yang memulai bisnis seperti kamu dan kebanyakan gagal"
  • "Nanti kalau memulai bisnis ini sangat repot. Harus keluar biaya ini, habiskan tenaga dan belum tentu berhasil!"
  • "Apa kamu yakin mau memulai bisnis ini? Lebih baik melakukan yang normal-normal saja seperti orang lain"
Ingat! Ketika kita sedang berusaha naik, 80% orang-orang disekitar kita akan berusaha membawa kita turun (sering kali dilakukan secara tidak sadar, jadi kita tidak perlu marah dan jengkel). Jika kita sedikit saja menerima dan setuju dengan perkataan mereka, maka ide bisnis kita akan segera lesu. Jika kita berkata dalam hati "Ada benarnya juga ya?", sesungguhnya itu dapat mematikan potensi seluruh bisnis kita.

Ada 3 tipe orang dalam dunia ini: pembunuh impian, pencuri impian, dan pembuat impian.

Pembunuh dan pencuri impian adalah mereka yang sering berkata negatif bila Anda ingin maju kedepan. Bila Anda tenang-tenang saja, maka mereka juga tenang-tenang saja. Namun begitu mereka tahu kalau Anda ingin naik ke level yang lebih tinggi, mereka akan berusaha menarik Anda kebawah sehingga tidak lebih tinggi dari mereka. Ya, pembunuh dan pencuri impian tidak membiarkan Anda untuk naik tingkat ke level yang lebih tinggi dari level mereka.

Solusi Untuk Menjadi Orang Positif:

1. Carilah dan Berkumpul Dengan Komunitas Para Pembuat Impian

Pembuat impian adalah mereka yang bermimpi besar. Mereka suka akan hal-hal yang besar dan positif. Pembuat impian adalah orang-orang yang percaya diri dan senang bila melihat kehidupan temanya naik level. Jika melihat orang lain yang level bisnisnya lebih tinggi dari mereka, mereka akan terinspirasi dan belajar dari orang lain tersebut - bukanya menjatuhkan. Mereka adalah orang-orang yang membuat impian menjadi kenyataan.

Mulailah untuk mengidentifikasi orang-orang disekitar Anda, apakah mereka itu pembunuh impian, pencuri impian atau pembuat impian? Yang tidak kalah pentingnya, mulailah identifikasi diri Anda sendiri dan pastikan Anda adalah pembuat impian! Mulailah untuk sering-sering berkumpul dengan pembuat impian dan waspadalah terhadap para pencuri dan pembunuh impian. 

2. Ucapkan 3X Perkataan Positif

Setiap kali ada orang yang mengatakan perkataan negatif tentang bisnis Anda, ucapkan perkataan positif minimal 3X untuk melindungi impian bisnis Anda. Jika orang berkata "Bisnismu pasti gagal", ucapkanlah "Bisnisku pasti berhasil, aku yakin bisnisku berhasil, sebab aku diciptakan Tuhan untuk menjadi orang yang berhasil!"

3. Jangan Biarkan Pikiran Anda Menjadi Negatif

Jika kita tidak waspada, perkataan negatif dapat membuat pikiran kita menjadi negatif. Buang semua pikiran negatif dan mulailah untuk berpikir positif. Mulailah untuk berpikir positif tentang diri Anda, tentang bisnis Anda. Jadikan pikiran positif dan perkataan positif suatu kebiasaan dalam kehidupan Anda.

Perkataan Positif + Pikiran Positif = Hasil Positif

2. Takut Gagal

Ketakutan dapat memenjara hidup kita. Walaupun secara fisik kita tidak dipenjara, namun jiwa, pikiran dan perasaan kita dapat dipenjara oleh yang namanya ketakutan. Ketakutan dapat membuat bisnis kita tidak melangkah kemana-mana. Banyak orang yang perjalanan bisnisnya dipenjara oleh takut ditolak, takut dibicarakan orang, takut dikritik orang lain, takut kalau tidak berhasil.

Solusi Menghadapi Rasa Takut

1. Hadapi Ketakutan Dengan Terus Melangkah

Ingat! Tuhan tidak pernah memberikan kepada kita ketakutan, melainkan kekuatan, kasih dan ketertiban. Jangan biarkan ketakutan memenjara Anda. Jangan biarkan ketakutan membuat langkah Anda terhenti. Terus berjalan langkah demi langkah. Satu-satunya cara untuk menghadapi rasa takut adalah dengan terus berjalan menghadapi ketakutan tersebut. Always act in spite of fear!

2. Jangan Ragu-Ragu dan Bimbang.

Ketakutan selalu berteman dengan keragu-raguan dan kebimbangan. Ingat! Orang yang ragu-ragu atau bimbang tidak ada menyelesaikan dan mendapat sesuatu apapun. Mereka bisa memulai, namun keraguan dan kembibangan ditengah jalan sering membuat langkah mereka terhenti.

Mulailah untuk tetap positif, tetap tenang dan yakin berhasil. Selesaikan pekerjaan dan rancangan bisnis Anda hingga garis finish. Terus melangkah dan terus melangkah untuk menjadi seorang pemenang. Ya, kita tidak dilahirkan untuk gagal. Kita dilahirkan untuk berhasil.

Comments

Popular posts from this blog

5 Rahasia Bisnis Online - Meningkatkan Omset Binis Melalui Email Marketing, Facebook dan Instagram

Memasuk Era Bisnis Online

Dunia ini sedang berkembang dan berubah dengan sangat pesat. Jika kita tidak mengikuti perubahan zaman, maka bisnis kitapun bisa ketinggalan. Dalam hal teknologi internet dan bisnis online, negara Indonesia terlambat 7 tahun dibandingkan dengan negara maju seperti Amerika. Oleh sebab itu, jika kita memulai bisnis online sekarang di Indonesia, kita masih dapat memimpin dan menguasai pasar online Indonesia.

Di zaman dahulu, orang-orang yang kaya adalah para pembinis yang mempunyai tanah, sawah, tambang dan sejenisnya. Lalu kita memasuk era pabrik, dimana orang-orang kaya adalah para pembisnis yang mempunyai pabrik-prabrik besar dengan menggunakan mesin yang canggih. Sekarang ini orang-orang kaya dunia adalah mereka yang berkecimpung dalam teknologi internet.

Mari kita pelajari ketiga orang berikut. Yang pertama adalah Jeff Bezos. Jeff Bezos adalah pendiri dari bisnis online Amazon.com. Amazon.com menjual berbagai jenis produk melalui online. Sistem bisnisnya h…

Rahasia Bisnis Online Meningkatkan Omset 3X Lipat Melalui Customer Service

Customer service merupakan senjata penting dalam bisnis online khususnya untuk meningkatkan omset penjualan. Sebagai ujung tombak bisnis online, customer service memegang peranan besar dalam menentukan:

 Apakah customer akan beli atau tidak. Berapa besar jumlah pesanan yang customer pesan. Apakah customer akan kembali pesan atau tidak di waktu mendatang.
Jika kita menguasai 3 area diatas dengan mahir, maka sangat mungkin bila omset penjualan bisa meningkat hingga 3x lipat bahkan lebih. Sebelum Eric berbicara lebih lanjut, mari kita sadari bahwa 80% seseorang mengambil keputusan untuk membeli atau tidak dipengaruhi oleh alam bawah sadar dan alam sadar hanya berperan 20%.

Just Do It ala Nike:

Banyak orang membeli sepatu Nike. Namun, apakah para pembeli sadar alasan mereka membeli sepatu tersebut? Kebanyakan orang bahkan tidak mengerti kelebihan dan fitur sepatu Nike atau Adidas, namun dalam alam bawah sadar mereka sudah tertanam pikiran bahwa sepati Nike atau Adidas adalah sepatu yang b…